Script support IE Browser

Blogs

Toraja's News Blogs, Articles & Opinions

Lovely Desember 2018 Toraja Siap Sambut Wisatawan Sebulan Penuh

toraja magnet wisata indonesia penarik turis mancanegara

​Liputan6.com, Jakarta Masih bingung menentukan destinasi liburan akhir tahun? Mungkin ini saatnya Anda mengunjungi Tanah Toraja, Sulawesi Selatan. Sebab, ada event yang digelar satu bulan penuh. Namanya, Lovely Desember 2018. Selama sebulan penuh wisatawan akan dimanjakan beragam budaya Tanah Para Raja.

"Lovely Desember menjadi menu wajib untuk disambangi. Apalagi saat ini juga ada Kemilau Toraja, yang merupakan penggambungan event tahunan Lovely Desember yang selama ini menjadi atraksi andalan Tanah Toraja. Event ini menggabungkan kekuatan seni budaya Tanah Toraja dengan nama besar Lovely Desember. Dijamin acaranya makin paten," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, Rabu (12/12).

Perhelatan ini dijamin super lengkap. Ada gelaran keagamaan, seni, budaya, kuliner, dan sport tourism dirangkum menjadi satu kesatuan.

Acara dimulai dengan event Getaran Sukma Ilahi, 1-9 Desember 2018. Kegiatannya berupa panggilan beribadah bagi seluruh pemeluk agama. Caranya dengan membunyikan lonceng, bedug dan gendang di rumah-rumah ibadah sebagai refleksi Getaran Sukma Ilahi.

Selanjutnya ada Festival Kopi Toraja. Festival ini akan dihelat pada 8-9 Desember 2018. Lokasinya berada di Kawasan Agrowisata Pango-Pango, Tana Toraja. Yang suka bersepeda sudah pasti makin happy. Pasalnya ada kegiatan Jelajah Sepeda Wisata pada 14-15 Desember 2018. Kegiatan ini akan mengambil start di Buntu Burake.

Selanjutnya ada Mebale dan Melendong. Kegiatan ini digelar di area Persawahan Mandetek Makale Utara, pada 18 Desember 2018. Selain itu ada Atraksi kerajinan rakyat dan Festival Kuliner Tradisional. Event ini digelar di Taman Rakyat Kolam Makale pada 19-20 Desember 2018.

"Pada 20-22 Desember ada Safari Natal. Acaranya berupa pertemuan masyarakat dan diaspora Toraja yang akan digelar di 4 zona Kecamatan, masing-masing di Lion Tondok Iring, Bittuang, Ge'tengan Mengkendek, dan Ratte Buttu Bonggakaradeng. Nantinya ada berbagai kesenian rakyat Setra berbagai atraksi yang digelar pada Safari Natal ini," terang Menpar Arief.

Kemeriahan berlanjut pada 22 Desember 2018. Jejak dan Jelajah Wisata One Day Trail Adventure menjadi sajian yang sayang dilewatkan. Terutama untuk para pencinta olahraga ekstrim. Mengambil titik start kolam Makale dan finish di Buntu Burake, kegiatan ini akan membawa peserta menikmatik keindahan alam Tana Toraja.

Selanjutnya ada Uji Nyali Burake dan Lomba Foto Tana Toraja yang dihelat pada 23 Desember 2018 Acara ini sekaligus sebagai launching wahana Anjungan Kaca Patung Yesus Buntu Burake.

Perayaan Natal pun dijamin makin meriah di Tana Toraja. Karena ada Toraja Ring Road Christmas Day Toraja 100, Jelajah Alam Moxart Trail dan Diaspora Toraja 100 yang digelar bersamaan pada 26 Desember 2018. Kegiatan pun berlanjut pada 26-27 Desember 2018 lewat Festival Tenun Toraja, Parade Seni dan berbagai atraksi lainnya. Kegiatan ini nantinya dipusatkan di Tammuan Mali dan Pasar Seni.

"Puncak acara akan digelar pada 28 Desember 2018 di Taman Rakyat Kolam Makale. Acara ini akan dibarengi oleh Natal Oikumene," timpal Ketua CoE Kemenpar, Esthy Reko Astuty.

Meskipun puncak acara telah berlalu, kemeriahan masih terus berlanjut. Wisatawan akan diajak seru-seruan di Colour Run Toraja. Sebuah event yang menggabungkan olahraga lari dengan asiknya bermain tepung beraneka warna. Event ini digelar di Makale pada 29 Desember 2018.

Perayaan tahun baru di Tana Toraja pun dijamin paten. Sedari tanggal 30 hingga 31 Desember 2018, berbagai hiburan siap dipersembahkan. Dari mulai hiburan rakyat hingga pertunjukan musik.

"Puncaknya pada 31 Desember 2018. Semua akan dirangkum pada event Melepas 2018 dan Menggapai 2019. Pokoknya banal menyesal kalau tidal datang," pungkas Esthy yang juga Staf Ahli Bidang Multikultural Kemenpar itu.

Location (Map)

Jalan A. Yani No.63, Rantepao, Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan 12540, Indonesia
Kasus Bandara Mangkendek Toraja, Mantan Setda Dipe...
Di Balik Keindahan Batu Lemo Tana Toraja

Related Posts

 
  1. Comments (0)

  2. Add yours

Comments (0)

Rated 0 out of 5 based on 0 voters
There are no comments posted here yet

Leave your comments

  1. Posting comment as a guest. Sign up or login to your account.
Rate this post:
Attachments (0 / 3)
Share Your Location
Type the text presented in the image below

Latest Blogs

24 February 2019
Uncategorized
Liputan6.com, Toraja Seperti halnya daerah lain di Indonesia, Toraja memiliki banyak destinasi keren. Salah satunya Lolai. Destinasi ini belakangan sedang hits di media sosial. Lolai dikenal sebagai Negeri di Atas Awan Toraja.Lolai berada di kawasan ...
24 February 2019
News
Government
Liputan6.com, Tana Toraja Tim Penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Sulsel memeriksa intensif pihak panitia pengadaan lahan (Panitia sembilan) dalam tahap penyidikan kasus dugaan korupsi pe...

Download Free Brochure

Latest Users